Pages

Selasa, 08 Oktober 2013

Penerapan Telematika

Istilah telematika pertama kali digunakan pada tahun 1978 oleh Simon Nora dan Alain Minc dalam bukunya L’informatisation de la Societe. Istilah telematika yang berasal dari kata dalam bahasa Perancis telematique merupakan gabungan dua kata telekomunikasi dan informatika. Pengertian Telematika sendiri lebih mengacu kepada industri yang berhubungan dengan penggunaan komputer dalam sistem telekomunikasi. Yang termasuk telematika ini adalah layanan dial up ke Internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri merupakan salah satu contoh telematika. Menurut Wikipedia, istilah telematika ini sering dipakai untuk beberapa macam bidang.

Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi. Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology). Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).

Teknologi informasi dan komunikasi, pada masa sekarang tidak dapat dilepaskan dengan telematika (cyberspace). Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, telah mempengaruhi banyak aspek kehidupan di masyarakat, antara lain dalam alam perkembangannya, teknologi telematika ini telah menggunakan kecepatan dan jangkauan transmisi energi elektromagnetik, sehingga sejumlah besar informasi dapat ditransmisikan dengan jangkauan, menurut keperluan, sampai seluruh dunia. Pada saat ini informasi sudah banyak berkembang sedemikian rupa, hanya saja harus adanya dukungan teknologi. Teknologi telematika yang telah berkembang sehingga mampu menyampaikan suatu informasi.
Sebagai contoh, sekarang semua orang sudah memunyai handphone, dan semakin hari semakin pesat perkembangan teknologinya, dan semakin memudahkan para penggunanya untuk mendapatkan informasi secara langsung baik itu dari sms ataupun push email yg lagi marak2nya di Indonesia akibat pasar handphone smartphone atau sekedar browsing dengan menggunakan wifi ataupun WAP.

Dan sebagai contoh yang menerapkan layanan telematika di bidang transportasi di Indonesia ialah TOYOTA.
Semakin tingginya mobilitas masyarakat, terutama di wilayah perkotaan, membutuhkan layanan penunjang yang mampu membantu masyarakat untuk sampai ke tujuannya dalam waktu singkat. Toyota melihat peluang ini dengan mengembangkan layanan telematika.
Telematika (telekomunikasi dan teknologi satelit) akan menjadi bagian dari gaya hidup berkendara di abad 21 yang harus difasilitasi.
"Kami terus melakukan inovasi dan pengembangan teknologi Telematika menyesuaikan kebutuhan konsumen. Prinsipnya teknologi ini harus memudahkan konsumen," kata Joko Trisanyoto, Direktur Marketing Toyota Astra Motor (TAM) sewaktu berbincang-bincang di acara bertajuk Toyota 21th Century Mobility Lifestyle di booth Toyota Indonesia International Motor Show (IIMS), Sabtu lalu.
Saat ini, Toyota telah mencetuskan dua macam sistem teknologi telematika secara bergerak yang dapat diakses melalui telepon seluler, yaitu M-Toyota dan Toyota Navigation.
Hingga Juni 2008, M-Toyota telah diakses hingga 180.000 pengunjung setiap bulan. Layanan ini berisi informasi produk, layanan purna jual, hingga hal-hal yang bersifat emergency.
Selain itu, Toyota juga memiliki layanan navigasi yang menggandeng perusahaan pemetaan Tele Atlas. Informasi dan peta lengkap dengan 13.000 lokasi-lokasi penting, mulai hotel, rumah sakit, hingga dealer Toyota sudah terekam. Saat ini peta tersebut sudah meng-cover wilayah Pulau Jawa dan Bali. Pada September 2008, layanan peta akan menjangkau mencapai Sumatra.
Toyota juga mengembangkan perangkat keras dan Graphics User Interface (GUI) yang didesain secara khusus. Dengan layanan Toyota Genuine Accesories (TGA). Toyota juga mempermudah pengguna Toyota Navigation dengan memberikan update perangkat lunak tanpa dikenai biaya.

Toyota melengkapi layanan telematikanya dengan layanan Mobile Reward Exchange (MORE) yang dirancang dalam mobile platform untuk pengguna telepon seluler. Bagi konsumen yang mengikuti MORE akan mendapat informasi seputar M-Toyota dan info program.

Kamis, 04 Juli 2013

Belajar Prolog 2















Logika :

- Membuat program menu yang terdiri dari 4 pilihan

- Write (‘1. Luas lingkaran’). Maksudnya kita akan menginput nilai lingkaran dengan menginput jari jari lingkarannya, dan menghasilkan hasil dari luas lingkaran tersebut.

- Write (‘2. Luas segitiga’). Artinya kita akan menginput nilai dari alas dan tinggi, untuk mengetahui hasil dari luas segitiga.

- Write(‘3. Biodata’). Bila memasukkan no 3. Yang akan keluar adalah inputan dari nama, npm dan kelas, untuk mengisi biodata mahasiswa yang akan di masukkan.

- Write(‘4. Keluar’). Masukkan input keluar maka yang akan terjadi seperti printscreen diatas.

- Writeln berguna untuk membaca kembali apa yang telah kita input sebelumnya. Maka hasilnya akan tampil yang seperti di printscreen diatas



Belajar Prolog







Output :






LOGIKA :

Maksud dari output tersebut adalah:

1. ayah(frista,Siapa).

    Siapa=toni.

    Maksudnya ayahnya si frista siapa?

    Dan dijawab bahwa si Toni adalah ayahnya.



2. Ayah(desta,Siapa).

    Siapa= toni

    Ayahnya si desta adalah toni.



3. Suami(anis,Siapa).

    Siapa = asrul

    Suaminya anis adalah asrul.



4. Cucu2(mawar,Siapa).

    Siapa = frista.

    Cucu pertamanya mawar adalah frista.



5. Keponakan2(toni,Siapa).

    Siapa = nisa.

    Keponakan kedua toni adalah nisa.



Begitulah seterusnya.

Rabu, 03 Juli 2013

Resensi Film Gie

Film Gie mengisahkan tentang kehidupan Soe Hok Gie, atau dikenali sebagai Gie, sejak dari kecil. Beliau adalah dari keturunan Cina Indonesia yang lahir pada zaman sebelum Indonesia merdeka dan membesar ketika zaman pemerintahan Presiden Sukarno. Dalam film ini, beliau digambarkan sebagai seorang yang berdikari dan berani terutama dalam bersuara. Sewaktu kecil, sifatnya ini telah membawa masalah kepada Gie apabila gurunya tidak menerima pendapatnya yang terlalu lantang.


Soe Hok Gie sewaktu kecil
Namun begitu, sifat Gie ini semakin berubah apabila dia meningkat dewasa dimana dia tidak mahu terlibat dalam gerakan aktivis walaupun didesak oleh rekannya. Malahan dia turut menasihati Han, seorang rekannya yang terlibat dengan PKI (Partai Komunis Indonesia) karena risau akan akibatnya. Sebaliknya, Gie lebih senang melibatkan diri dalam Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) bersama Ira serta rekan-rekannya yang lain. Gie juga digambarkan mempunyai perasaan kepada Ira dan begitu juga sebaliknya, namun masing-masing malu untuk bersuara.

Soe Hok Gie dilakonkan Nicholas Saputra
Lama-kelamaan, Gie mula bergiat aktif dalam menentang dan mengkritik pemerintahan Presiden Sukarno dengan menulis artikel-artikel dalam surat kabar yang mengkritik pemerintahan diktator Sukarno yang menyebabkan banyak rakyat hidup miskin. Pada mulanya usaha Gie dipuji dan dikagumi oleh semua orang lalu dia menjadi popular, hingga die berhasil berpacaran dengan seorang gadis kaya Sinta. Tetapi tulisannya yang makin lantang dan kontroversial menyebabkan banyak orang termasuk rekan rapatnya dalam Mapala serta pacarnya Sinta menjauhkan diri daripadanya. Akhirnya Gie meninggal dunia dalam keadaan dipinggirkan.

Apa yang saya suka mengenai film Gie ini ialah ia menceritakan tentang sejarah Indonesia sewaktu zaman awal negara Indonesia didirikan. Penonton dapat melihat sendiri keadaan negara pada waktu tersebut yang berlaku banyak penindasan ke atas rakyat, ditambah pula dengan adanya Partai Komunis Indonesia yang lantang menentang pemerintahan korup Presiden Sukarno. Ia juga menerangkan tentang mengapa banyak rakyat Indonesia yang taksub dengan komunis walaupun komunis dianggap sebagai jahat oleh seluruh dunia.


Salah-satu lagu pengiring film Gie
Selain itu, saya juga suka dengan lagu pengiring bagi film ini. Lagu yang dipilih sesuai dengan adegan didalam film. Pemilihan aktor juga bagus sekali karena pertunjukan mereka sangat meyakinkan. Namun, film ini ada beberapa kelemahan dan salah satunya ialah terlalu banyak bicara sendiri oleh Gie serta adegan yang tiada percakapan. Ini membuat film ini sukar dipahami lalu penonton perlu menafsirkan sendiri apa yang sedang terjadi. Saya juga tidak suka dengan bagian akhir film ini karena kurang jelas apa yang berlaku pada Gie dan menyebabkan dia meninggal dunia.

Senin, 10 Juni 2013

Resensi Novel

Novel : Wow Konyol
Penulis : Rons "onyol" Imawan

Novel ini bercerita tentang kekonyolan adegan atau dialog yang dibuat. Kalau baca novel ini sih, pasti tidak bosan karena selalu dibuat  tertawa dengan dialog yang lucu. Tidak hanya dialog yang konyol saja didalam novel ini ada gombalan untuk cewek atau cowok yang sedang kasmaran untuk mendekati orang yang disuka.  novel ini banyak sih isinya tidak cuma itu, ada kuis dora juga. Yang dimaksud adalah ada sebuah pertanyaan yang harus dijawab dengan singkatan, dan followers Twitter dari pencipta novel ini yang menjawab. Ada juga cerpen, quote's, dan kutipan kutipan yang konyol. Yang terakhir ada juga cerita misteri, yang sedikit menakutkan yang membuat kita jadi penasaran. Novel ini memang di angkat dari kisah seseorang yang menjadi admin salah satu dari akun jejaring sosial yaitu twitter. Yang selalu aktif membuat konyol ditwitter tersebut dengan twit twit konyolnya yang dapat menghibur banyak followersnya.

Minggu, 28 April 2013

CARA BELAJAR YANG MENYENANGKAN

Kamu ingin mendapatkan suatu cara efektif untuk belajar dengan menyenangkan? Berikut ini adalah 7 (tujuh) langkah yang dapat kamu lakukan dan kembangkan sendiri yang diadaptasi dari buku Seven Habits of Highly effective People karangan Steven Covey
Bertanggung jawab atas dirimu sendiri.
Tanggung jawab merupakan tolok ukur sederhana di mana kamu sudah mulai berusaha menentukan sendiri prioritas, waktu dan sumber-sumber terpercaya dalam mencapai kesuksesan belajar.
Pusatkan dirimu terhadap nilai dan prinsip yang kamu percaya.
Tentukan sendiri mana yang penting bagi dirimu. Jangan biarkan teman atau orang lain mendikte kamu apa yang penting.
Kerjakan dulu mana yang penting.
Kerjakanlah dulu prioritas-prioritas yang telah kamu tentukan sendiri. Jangan biarkan orang lain atau hal lain memecahkan perhatianmu dari tujuanmu.
Anggap dirimu berada dalam situasi “co-opetition” (bukan situasi “win-win” lagi).
“Co-opetition” merupakan gabungan dari kata “cooperation” (kerja sama) dan “competition” (persaingan). Jadi, selain sebagai teman yang membantu dalam belajar bersama dan banyak memberikan masukkan /ide baru dalam mengerjakan tugas, anggaplah dia sebagai sainganmu juga dalam kelas. Dengan begini, kamu akan selalu terpacu untuk melakukan yang terbaik (do your best) di dalam kelas.
Pahami orang lain, maka mereka akan memahamimu.
Ketika kamu ingin membicarakan suatu masalah akademis dengan guru/dosenmu, misalnya mempertanyakan nilai matematika atau meminta dispensasi tambahan waktu untuk mengumpulkan tugas, tempatkan dirimu sebagai guru/dosen tersebut. Nah, sekarang coba tanyakan pada dirimu, kira-kira argumen apa yang paling pas untuk diberikan ketika berada dalam posisi guru/dosen tersebut.
Cari solusi yang lebih baik.
Bila kamu tidak mengerti bahan yang diajarkan pada hari ini, jangan hanya membaca ulang bahan tersebut. Coba cara lainnya. Misalnya, diskusikan bahan tersebut dengan guru/dosen pengajar, teman, kelompok belajar atau dengan pembimbing akademismu. Mereka akan membantumu untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik.
Tantang dirimu sendiri secara berkesinambungan.
Dengan cara ini, belajar akan terasa mengasyikkan, dan mungkin kamu mendapatkan ide-ide yang cemerlang.






CARA MENGAHAFAL DALAM BEBERAPA DETIK DENGAN LONG TERM MEMORY
Sebelumnya...coba hafalkan kalimat dibawah ini dalam 20 detik:



Kucing
Sepeda
Buaya
Anjing
Bioskop
Televisi
Kasur
AC
Mobil
Api
Ayam
Sendok
SMK 

Apa kamu bisa? Sepintas sepertinya sangat sulit. Seandainya kita bisa, kemampuan mengingatnya sangat terbatas. Kita tidak mampu mengingatnya dalam jangka waktu yang panjang. Karena kita hanya menggunakan SHORT TERM MEMORY.

Disini akan di share pada kalian bagaimana cara menghafalkan kata2 tersebut dalam waktu singkat, dan akan terus bertahan (menggunakan LONG TERM MEMORY)

Kemampuan otak kiri adalah berpikir secara analitik, logis, tepat, repetitif, terkumpul, mendetail, ilmiah, terikat, literal, berurutan.

Sementara otak kanan berpikir secara kreatif, imajinatif, umum, intuitif, konseptual, gambaran besar, heuristik, empatetik, figuratif, tidak menentu.

Intinya otak kanan menekankan tentang kreatifitas, imajinasi, dsb. Berbeda dengan otak kiri yang menekankan pada analisa, berfikir, matematika dsb.

Dalam belajar sering kali kita terlalu menggunakan otak kiri, padahal yang diperlukan adalah keseimbangan antara keduanya. Untuk itu daya imajinasi, kreatifitas yang ada pada otak kanan harus juga dimanfaatkan.

Baik...ini adalah tips untuk menghafalkan deretan kata2 tersebut dalam waktu singkat dan dengan daya ingat dalam jangka waktu yang lama...mari pelan-pelan kita pahami...

Sekarang coba kalian imajinasikan dan benar-benar dibayangkan (baca secara bersambung) :



Kucing naik
Sepeda, ketemu
Buaya, buaya jatuh cinta sama
Anjing, mereka ke
Bioskop, di bioskop nonton
Televisi, di TV ada iklan
Kasur, kasur letaknya dibawah
AC, ACnya di dalam
Mobil, mobilnya tahan
Api, apinya buat bakar
Ayam, ayam makannya pake
Sendok, yang ada di
SMK

Sekarang coba kalian ulangi lagi. Kemampuan mengingat kata-kata tersebut akan lebih cepat dalam tersimpan dalam LONG TERM MEMORY.

Minggu, 31 Maret 2013

KIAT MENGHINDARI KESULITAN BELAJAR

KIAT MENGHINDARI KESULITAN BELAJAR




Jenis-jenis kesulitan belajar meliputi:

1. Kekacauan belajar (Learning Disorder)
Adalah keadaan dimana proses belajar seseorang terganggu karena timbulnya respons yang bertentangan. Pada dasarnya, yang mengalami kekacauan belajar, potensi dasarnya tidak dirugikan, akan tetapi belajarnya terganggu atau terhambat oleh adanya respons-respons yang bertentangan, sehingga hasil belajar yang dicapainya lebih rendah dari potensi yang dimilikinya. Contoh: siswa yang sudah terbiasa dengan olahraga keras seperti karate, tinju dan sejenisnya, mungkin akan mengalami kesulitan dalam belajar menari yang menuntut gerakan lemah gemulai.

2. Learning Disfunction merupakan gejala dimana proses belajar yang dilakukan siswa tidak berfungsi dengan baik, meskipun sebenarnya siswa tersebut tidak menunjukkan adanya subnormalitas mental , gangguan alat dria,atau gangguan psikologis lainnya. Contoh; siswa yang memiliki postur tubuh yang tinggi atletis dan sangat cocok menjadi atlet bolla volley, namun karena tidak pernah dilatih bermain bola volley, maka dia tidak dapat menguasai permainan volley dengan baik.

3. Under Achiver mengacu kepada siswa yang sesungguhnya memiliki tingkat potensi intelektual yang tergolong diatas normal, tetapi prestasi belajarnya tergolong rendah. Contoh: siswa yang telah dites kecerdasannya dan menunjukkan tingkat kecerdasan tergolong unggul (IQ = 130 -140), namun prestasi belajarnya biasa-biasa saja atau malah sangat rendah.

4. Slow Learner atau lambat belajar adalah siswa yang lambat dalam proses belajar, sehingga ia membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan sekelompok siswa lain yang memiliki taraf potensi intelektual yang sama.

5. Learning Disabilities atau ketidakmampuan belajar mengacu pada gejala dimana siswa tidak mampu belajar atau menghindari belajar, sehingga hasil belajar dibawah potensi intelektualnya.
Bimbingan belajar merupakan upaya untuk menentukan siswa yang diduga memrlukan layanan bimbingan belajar. Untuk dapat menetapkan gejala kesulitan belajar dan menandai siswa yang mengalami kesulitan belajar, maka diperlukan criteria sebagai batas atau patokan, sehingga dengan criteria ini dapat ditetapkan batas dimana siswa diperkirakan mengalami kesulitan belajar.


Terdapat 4 (empat) ukuran yang dapat menentukan kegagalan atau kemajuan belajar siswa :

1) Tujuan pendidikan
Siswa yang dapat mencapai target tujuan pembelajaran dianggap sebagai siswa yang berhasil, sedangkan apabila siswa tidak dapat mencapai target tujuan pembelajaran dikatakan mengalami kesulitan belajar.

2) Kedudukan dalam kelompok
Siswa dikatakan mengalami kesulitan belajar, apabila memperoleh prestasi belajar dibawah prestasi rata-rata kelompok secara keseluruhan.

3) Tingkat pencapaian hasil belajar dibandingkan dengan potensi
Siswa dikatakan mengalami kesulitan belajar, apabila prestasi yang dicapainya tidak sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Hal ini biasa disebut Underachiver

4) Kepribadian
Siswa dikatakan mengalami kesulitan belajar, apabila menunjukkan gejala/pola-pola perilaku atau kepribadian yang menyimpang dari seharusnya.

Kiat menghindari kesulitan belajar

1) Tentukan tujuan belajar.

2) Kenali system ingatan

3) Kenali rentang konsentrasi.

4) Kenali tipe belajar sendiri

5) Kenali sifat buku

6) Jauhi sifat malas

7) Penuhi Keinginan sesaat

8) Catat Tugas yang belum selesai

9) Belum siap jangan belajar