Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika
seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta
pengevaluasian produk dan jasa demi memnuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku
ini merupakan hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian.
Terdapat tiga pendeketan utama dalam meneliti perilaku
konsumen yaitu :
1. Pendekatan
interpretif yaitu umtuk memahami apa makna sebuah prodik dan jasa bagi konsumen dan apa yang dirasakan dan dialami
oleh konsumen ketika membeli dan menggunakanya.
2. Pendekatan
tradisional yaitu bertujuan mengembangkan teori dan metode untuk menjelaskan
perliku dan pembuatan keputusan konsumen.
3. Sains
marketing yaitu untuk memprediksi pengaruh strategi marketing terhadap pilihan
dan pola konsumsi.
Beberapa proses pengambilan keputusan yang diputuskan
oleh konsumen yaitu:
-
Pengenalan masalah
-
Pencarian informasi
-
Mengevaluasi alternative
-
Keputusan pembelian
-
Evaluasi pasca pembelian
Faktor yang mempengaruhi proses pembuatan keputusan :
-
Motivasi
-
Persepsi
-
Pembentukan sikap
-
Integrasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar