Struktur pasar ialah karakteristik organisasi pasar yang
mempengaruhi sifat kompetisi dan harga di dalam pasar. Unsur-unsur struktur
pasar meliputi: konsentrasi, differensiasi produk, ukuran perusahaan, Hambatan
masuk, dan integrasi vertikal serta diversifikasi. Dalam teori ekonomi mikro
struktur pasar dibagi dalam 4 macam bentuk, yaitu :
1. Persaingan sempurna,
adalah struktur pasar yang ditandai oleh
jumlah pembeli dan penjual yang sangat banyak. Transaksi setiap individu
tersebut (Pembeli dan penjual) sangat kecil dibandingkan output industri total
sehingga mereka tidak bisa mempengaruhi harga produk tersebut.
2. Pasar Monopoli, adalah struktur pasar yang ditandai
oleh adanya seorang produsen tunggal. Produk yang dihasilkan oleh perusahaan
monopolis tidak ada barang substitusinya. Adanya ketidaksempurnaan atau
tingginya hambatan di dalam memperoleh informasi tentang produk seperti harga
dan kualitas.
3. Persaingan
monopolistik, adalah struktur pasar yang sangat mirip dengan persaingan
sempurna tetapi yang membedakan dengan pasar persaingan sempurna ialah bahwa
pada pasar ini produsen mampu membuat perbedaan-perbedaaan pada produknya ( differensiasi produk )
dibandingkan produsen lain
4. Oligopoli,
adalah struktur pasar di mana hanya ada sejumlah kecil perusahaan yang
memproduksi hampir semua output industri dan mempunyai keputusan yang saling
mempengaruhi. Adanya ketidaksempurnaan
dan hambatan dalam memperoleh informasi mengenai produk, Adanya kemampuan
pengendalian harga tetapi sedikit. Sebagian produk didiferensiasikan tetapi
sedikit sehingga adanya sedikit
perbedaan produk antara produsen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar