Pages

Sabtu, 07 April 2012

Tugas 2. Teori Organisas Umum 2

1.Apakah yang dimaksud dengan ongkir ? dan sebutkan macam-macam ongkir serta jelaskan ?

Jawab : Ongkos adalah kurva yang menunjukkan saling berhubungan antara jumlah ongkos produksi dengan tingkat output yang dihasilkan.

Macam-macam ongkir :

a. Total Fixed Cost (Onkos Total Tetap)Total Fixed Cost atau yang disebut juga ongkos total tetap adalah jumlah ongkos yang tetap dan yang tidak dipengaruhi oleh tingkat produksi. Sebagai contohnya adalah sewa, penyusutan dan sebagainya.

b. Total Variabel Cost (Ongkos Variabel Total)Total Variabel Cost atau bisa juga disebut ongkos variabel total adalah jumlah ongkos yang dibayarkan yang besarnya berubah menurut tingkah yang dihasilkan. Sebagai contohnya adalah tenaga kerja, ongkos bahan mentah dan sebagainya.

c. Total Cost (Ongkos Total)Total Cost atau yang lebih dikenal sebagai Ongkos total adalah penjumlahan antara ongkos total tetap dengan ongkos variabel.

2. Apakah yang dimaksud dengan pasar ? psar persaingan sempurna, pasar monopoli, pasar monopolistis, dan pasar oligopoly ?

Jawab :

· pasar adalah kelompok individual (perorangan maupun organisasi) yang mempunyai permintaan terhadap barang teretentu, berdaya beli, dan berniat merealisasikan pembelian tersebut.

· Pasar Persaingan Sempurna : tempat banyak penjual dan pembeli sama-sama telah mengetahui keadaan pasar dan barang-barangnya pun homogen.

· Pasar Monopoli : pasar yang hanya terdapat satu penjual untuk suatu jenis tertentu.

· Pasar Monopolistis : pasar yang terdapat banyak penjual dan pembeli. Penjual bisa melakukan monopolikarena keistimewaan produk masing-masing.

· Pasar oligopoli adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan.

3. Apakah yang dimaksud dengan pendapatan nasional ? Jelaskan mengenai masalah dan keterbatasan pendapatan domestic bruto !

Jawab :

· pendapatan nasional adalah pendapatan yang diterima oleh golongan-golongan masyarakat sebagai bentuk balas jasa sehubungan dengan produksi barang-barang dan jasa tersebut .

· Masalah Pendapatan Domestik Bruto

Permasalahan PDB terletak pada pembandingan tingkat kemakmuran atau kesejahteraan suatu negara dari tahun ke tahun , akan terjadi bias jika kita salah menggunakan perhitungan PDB.

Keterbatasan Perhitungan PDB

Pendapatan Domestik Bruto tidak selalu mencerminkan ukuran kesejahteraan sosial suatu negara. PDB hanya mngukur berapa banyak output yang diproduksi di suatu negara dan bagaimana sturktur serta perkembangannya antarwaktu. Untuk mengukur kemakmuran suatu negara , PDB merupakan indikator yang cukup baik. Akan tetapi, kesejahteraan suatu negara lebih kompleks dari hanya sekedar pendapatan yang tinggi. Beberapa indikator untuk menunjukan tingkat kesejahteraan adalah tingkat pengangguran, tingkat kematian ibu dan bayi , angka harapan hidup, tingkat buta huruf, dan lain-lain perlu diperhatikan juga.

4. Apakah yang dimaksud dengan konsumsi, tabungan dan investasi ? Jelaskan mengenai pertumbuhan ekonomi, inflasi dan pengangguran !

Jawab :

- Konsumsi : pengeluaran total untuk memperolehbarang-barang dan jasa dalam suatu perekonomian dalam jangka waktu tertentu.

- Tabungan : bagian dari pendapatan yang tidak dikeluarkan untuk dikonsumsi.

- Investasa : pembelian dari modal barang yang tidak dikonsumsi tetapi digunakan untuk produksi yang akan dating.

- Pertumbuhan ekonomi : proses perubahan kondisi perekonomian suatu negara secara berkesinambungan menuju keadaan yang lebih baik selama periode tertentu.

- Inflasi: suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus menerusberkaitan dengan mekanisme mekanisme pasar yang disebabbkan oleh berbagai faktor.

- Pengangguran : orang yang tidak bekerja sama sekali atau sedang mencari kerja yang layak untuknya.

5. Apakah yang dimaksud dengan uang dan bank? Dan apakah yang dimaksud dengan kebijakan moneter dan kebijakan fiskal?

Jawab :

- Uang : setiap alat tukar yang dapat diterima secara umum. Alat tukar itu dapat berupa benda apapun yang dapat diterima oleh setiap orang di masyarakat dalam proses pertukaran barang dan jasa.

- Bank : adalah sebuah lembaga intermediasi keuangan umumnya didirikan dengan kewenangan untuk menerima simpanan uang, meminjamkan uang, dan menerbitkan promes atau yang dikenal sebagai banknote.

- Kebijakan Moneter : proses mengatur persediaan uang sebuah negara untuk mencapai tujuan tertentu; seperti menahan inflasi, mencapai pekerja penuh atau lebih sejahtera.

- Kebijakan Fiskal, merujuk pada kebijakan yang dibuat pemerintah untuk mengarahkan ekonomi suatu negara melalui pengeluaran dan pendapatan (berupa pajak) pemerintah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar