Pages

Senin, 17 Oktober 2011

PENGAMBILAN KEPUTUSAN.

Sebuah pengambilan keputusan sangat penting dalam suatu organisasi, keputusan ini dapat berdampak baik atau buruk, keputusan ini sesungguhnya merupakan hasil proses pemikiran, yang berupa pemilihan satu diantara beberapa alternatif yang dapat digunakan untuk memecahkan suatu masalah yang sedang di hadapinya.

Ada beberapa dasar pengambilan keputusan antara lain :

1. Pengambilan keputusan berdasarkan intuisi.
keputusan ini bersihat subjektif, mudah terkena sugesti, pengaruh luar atau faktor kejiwaan lain.
2. Pengambilan keputusan rasional.
masalah-masalah yang di hadapi merupakan masalah yang memerlukan pemecahan rasional.
3. Pengambilan keputusan secara fakta.
keputusan ini sangat sulit untuk memadainya, membutuhkan bukti bukti yang kuat, dan sejumlah fakta, dan keputusan ini sangat baik dan solid.
4. Pengambilan keputusan secara pengalaman.
keputusan ini harus di dasari pengetahuan pengalaman, yang mampu memperkirakan latar belakang masalah, dan cara penyelesaianya.
5. Pengambilan keputusan secara wewenang.
jadi keputusan ini di berikan kepada pemimpin sebuah organisasi, dalam rangka tercapainya tujuan organisasi.

pembahasannya adalah re-suffle kabinet, keputusan secara tiba tiba ini yang dapat merombak struktur organisasinya, tanpa ada konfirmasi dari sejumlah pihak. Dalam hal ini presiden mengambil keputusan wewenang, karena keputusan ada di tangan seorang pemimpin yaitu presiden. Di sini presiden mempunyai pemikiran sendiri dalam meresuffle kabinetnya walaupun ada beberapa saran yang di terimanya. jadi sebuah pemimpin harus bertanggung jawab dalam mengambil keputusan, mengetahui yang baik dan buruk bagi setiap anggotanya atau warganya, dan demi tercapainya tujuan organisasi yang lebih efektif dan efisien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar