Pages

Selasa, 03 Januari 2012

'Life Proposal'

"hidup itu sebenernya butuh proposal". kata seorang narasumber terkemuka di sebuah seminar, seketika banyak tanda tanya diotak gue, masa iya hidup ajah harus ada proposal ?
sebenernya kita hidup apa, bikin suatu acara sih ?

langsung terbayang di memori gue ketika lu jadi sekretaris di suatu acara sekolah, lingkungan atau kampus harus bikin suatu proposal buat ngajuan acara itu. 'bikin proposal itu gak gampang'. ya itulah anggapan awal gue tentang proposal. harus bikin latar belakang, yang isinya tuh gak asal ngarang atau copas di internet, ada maksud dan tujuan yang jadi tolak ukur seberapa pentingnya acara ini harus di adain. nama dan tema, sasaran, jadwal kegiatan gak boleh asal, anggaran dananya, dan penutup. yang paling sensitif dari sebuah proposal itu anggaran dana, karena tiap ngajuin proposal sering banget harus ganti sampe 3X proposal cuma karena anggaran dananya di corat coret. harus ngajuin dana yang seminim mungkin, tapi acaranya harus bagus?.gak mungkin kan mau acara bagus mau minim anggarannya, gak mungkin kan ?.

balik lagi ke proposal hidup yang lagi gue bicarain, gue kira, si narasumber lagi ngelawak yang garing banget, tapi ternyata gue salah. kita hidup untuk tuhan, ketika lu ada di posisi seorang sekretaris acara, lu bakal ngajuin proposal keatasan lu yang pangkatnya paling tinggi. tapi di sini, posisi lu cuma seorang manusia yang berasal dari segumpal darah dan 'gak punya apa apa'. yah, kita ini hidup gak punya apa apa, jelas ketika lu pengen sesuatu, lu harus ngajuin proposal buat atasan lu, yah dia itu tuhan. sama halnya kayak proposal acara, yang selalu dicorat coret dan di ganti.
semua kemauan dihidup lu itu gak semua bakal di kasih sama tuhan, dia emang baik, bukan berarti dia pelit karena gak mau ngasih yang lo pengen. cuma, dia itu lebih ngertiin kebuuhan lu bukan keinginan lu. lebih tau lu daripada orang tua, saudara, sahabat, temen, bahkan pacar. proposal itu sebuah konsep, bukan sekedar tulisan dan lu cumaduduk ajah nunggu sampai proposal hidup yang lu ajuin ke tuhan di kabulin. tuhan tuh emang pinter banget, dia akan ngasih apa yang lu mau sesuai dengan seberapa usaha yang udah lu lakuin buat dapetin apa yang lu mau itu..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar